Sekolah Tinggi Theologia “ATI” adalah lembaga pendidikan dan pembinaan rohani di bawah Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia Batu (YPPIIB) yang berpusat di Batu, Malang-Jawa Timur. Dalam penyelenggaraan pendidikan, pembinaan dan pelayanan terhadap mahasiswanya, Sekolah Tinggi Theologia “ATI” menekankan segi akademik, kerohanian, kedewasaan sikap, dan tingkah laku yang dituangkan dengan bentuk lambang :

Lima sudut yang dihubungkan dengan garis lengkung yang menggambarkan azas Pancasila.

1. Bola dunia menggambarkan wilayah kerja atau pelayanan tamatan yang dihasilkan oleh lembaga.

2. Alkitab terbuka menggambarkan Firman Tuhan Allah yang aktual dan relevan.

3. Salib menjelaskan pengorbanan, kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus

4. Yohanes 12:24 adalah landasan pengabdian dan pengorbanan lembaga

5. FALSAFAH LEMBAGA KEAGAMAAN (“5C”), yaitu :

Pertama, CREDO (CREED) adalah dasar iman dan dasar falsafah pelayanan para pendiri YPPII (Matius 6:33; Yesaya 45:2-3; 1Korintus 4:1-2).

Kedua, CULTUS adalah pemahaman secara ilmu sejarah bahwa Ketua Pendiri YPPII ialah pelaku sejarah yang telah dipilih, dipanggil dan mendapat kepercayaan Tuhan memimpin YPPII sejak permulaan sampai saat ini   (Yohanes 10:9-19; Matius 22:37-40)

Ketiga, CULTURE adalah budaya yang dihasilkan yang menerima CREDO dan CULTUS: perpaduan, kristalisasi keduanya dan implementasinya,  yang mengandung lima keistimewaan : visi-misi, kerohanian (kuasa melawan setan), pengajaran (misalnya: ilmu theologia), pelayanan holistik/sosial kemasyarakatan (Matius 22:37-40; 25:40) dan suara kenabian.

Keempat, COMMUNITAS adalah kelompok masyarakat yang dihasilkan karena  adanya pelayanan multiplikasi dalam CULTURE. Kelima, CODE atau PROGRAM adalah strategi dasar ilmu manajemen dan hikmat Ilahi (Lukas 14:28-32)